• Jam Buka Toko: Jam 09.00 s/d 18.00 WIB
  • Status Order
  • SMS/WA: 08998942716 / 081280009181
  • tobuline168@gmail.com
Terpopuler:

3 Cara Membangun Rasa Percaya Diri pada Anak

13 May 2017 - Kategori Blog

Sebagai orang tua, kita ingin memiliki anak yang ceria, bahagia, dan percaya diri. Harga diri dan gambar diri yang baik akan membantu anak dalam pertumbuhannya. Lebih jauh lagi, dengan kepercayaan diri, anak akan jauh lebih berhasil untuk survive baik di sekolah, maupun lingkungan kerja nantinya.

Ini membuat Anda tahu bahwa kepercayaan diri begitu penting bukan?

Cara Membangun kepercayaan diri pada anak

Meski penting, dan dibutuhkan, tidak semua orang tua tahu caranya membangun rasa percaya diri pada anak. Sebagian orang tua justru salah mendidik sehingga anak tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup. Mereka menjadi rendah diri, pemalu, serta merasakan ketakutan sosialisasi berkepanjangan. Hal ini membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang tertutup, bahkan bisa menjadi depresi.

Nah kalau Anda tidak ingin anak Anda jadi demikian, Anda bisa mengikuti tips-tips mengasuh anak berikut ini agar anak Anda tumbuh dengan harga diri yang tinggi.

  1. Berikan Kasih Sayang, dan Perhatian yang Tepat

Kita tentu tahu bahwa kekurangan bukanlah hal yang baik, tetapi segala sesuatu yang berlebihan juga tidak baik. Hal ini sama dengan kasih sayang. Sebagai orang tua, kita harus memberikan kasih sayang dengan jumlah yang tepat pada anak. Jika kita tidak memberikan kasih sayang yang cukup, anak akan memiliki harga diri yang rendah dan tidak bisa menerima dirinya sendiri. Sebaliknya jika kita memberikan kasih sayang yang berlebihan, anak akan menjadi manja tidak pada tempatnya. Mereka juga bisa jadi rentan akan penolakan. Ini juga merupakan hal yang buruk. Itulah sebabnya anak-anak harus diberikan jumlah kasih sayang dan perhatian yang pas, sehingga mereka tumbuh dengan harga diri yang sehat.

  1. Menjadi Teladan Bagi Anak

Orang tua merupakan role model anak yang pertama. Mereka mengikuti dan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Oleh sebab itu sebagai orang tua, kita harus memberikan contoh sebagai orang dengan pribadi yang positif. Jadilah teladan bagi Anak dan biarkan mereka meniru sifat-sifat percaya diri Anda. Hal ini membuat anak menjadi percaya diri ketika tumbuh besar.

  1. Berhati-hati dalam Memilih Kata

Anak-anak biasanya nakal, dan seringkali membuat kita emosi. Apalagi jika mereka nakal saat kita sedang lelah. Nah salah satu kesalahan fatal kebanyakan orang tua adalah memarahi anak tidak pada tempatnya. Sebagai orang tua, kita boleh dan wajib menegur anak jika tindakannya tidak tepat. Walau demikian, mengeluarkan kata-kata kasar kebun binatang, atau kata-kata lainnya dapat menyerang pribadi anak dapat menghancurkan tingkat kepercayaan diri mereka. Maka itu, kita harus menjadi orang tua y ang bijak. Jangan sampai kata-kata kita menghancurkan kepercayaan diri si buah hati.

Sekarang Anda tentu tidak bingung lagi bukan? Anda kini sudah tahu caranya membangun rasa percaya diri pada anak. Semoga anak Anda menjadi pribadi yang cemerlang, dan bermanfaat baik bagi diri sendiri, orang lain, dan Tuhan.

, , , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *