• Jam Buka Toko: Jam 09.00 s/d 18.00 WIB
  • Status Order
  • SMS/WA: 08998942716 / 081280009181
  • tobuline168@gmail.com
Terpopuler:

Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi

12 August 2017 - Kategori Blog

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi – Masalah sembelit menjadi masalah yang kerap kali menyerang bayi. Apalagi jika bayi baru dikenali makanan bertekstur padat, tentu sembelit menjadi hal yang wajar terjadi. Sebenarnya sembelit pada bayi bukanlah kejadian yang fatal atau aneh yang terjadi. Apalagi jika bayi menginjak usia 2 hingga 3 tahun sembelit ini akan sering terjadi. Cara untuk mengetahui bayi terkena sembelit memang mudah yaitu dengan memperhatikan waktu buang air besarnya.

cara alami mengatasi bayi sembelit

Jika bayi tidak buang air besar minimal 3 kali dalam seminggu berarti itu adalah ciri-ciri si kecil terkena sembelit. Selain itu Anda juga dapat mengetahuinya melalui bentuk feses bayi yang berupa bongkahan-bongkahan dan sulit dikeluarkan ketika bayi buang air besar. Anda tidak perlu panik karena dalam artikel ini akan dibahas bagaimana penanganan yang tepat untuk bayi yang terkena sembelit. Berikut ini pemaparannya.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

  1. Memilih Menu Sehat Untuk Bayi

Bayi yang baru saja dikenali makanan dengan tekstur yang padat memang wajar terkena sembelit karena sitem pencernaannya sedang mengalami penyesuaian. Ini dapat terjadi karena penyesuaian bayi yang tadinya mengkonsumsi makanan dalam bentuk cair seperti ASI dan bertransisi ke makanan padat seperti nasi atau sayuran. Untuk memperkecil dan tidak memperparah sembelit pilihlah makanan yang tidak memicu sembelit. Makanan-makanan yang dapat memicu sembelit pada bayi adalah roti putih, pisang, kentang, wortel, dan sereal yang dimasak. Anda dapat mengganti makanan-makanan tersebut dengan makanan lain yang dapat melembutkan tekstur feses bayi. Jika bayi Anda berusia 4 bulan lebih, kenalilah makanan yang kaya akan serat seperti bayam, apricot, kacang polong, buah pir dan buah persik. Anda dapat memberikan makanan tersebut pada waktu makan bayi dua kali sehari.

  1. Memberikan Jus Buah

Kekurangan cairan pada bayi juga bisa menjadi salah satu penyebab sembelit karena feses menjadi kering dan keras sehingga susah untuk dikeluarkan. Oleh sebab itu berikanlah jus buah yang diencerkan dengan air kepada bayi agar sembelitnya dapat teratasi karena kebutuhan cairannya terpenuhi. Pilihlah buah-buahan yang mengandung sorbitol karena sangat baik untuk sembelit bayi. Buah-buahan yang mengandung sorbitol yang dapat Anda jadikan jus untuk bayi Anda antara lain pir, apel, anggur, dan ceri. Berikanlah jus dengan takaran 60 hingga 120 ml pada bayi Anda jika bayi tersebut berusia 2 bulan keatas. Anda dapat memberikan jus tersebut dua kali sehari pada bayi agar masalahpencernaannya kembali lancar.

  1. Mengganti Susu Formula

Sembelit juga bisa disebabkan oleh susu formula yang memiliki kandungan tertentu yang tidak cocok bagi bayi Anda. ASI sendiri memang memiliki komposisi yang berbeda dibanding dengan susu formula dan susu formula lebih sulit dicerna dari pada ASI. Karena hal inilah feses menjadi bertekstur lebih keras dan susah untuk dikeluarkan. Untuk itu Anda disarankan untuk mengganti susu formula dengan kandungan komposisi yang berbeda. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter anak untuk mengetahui kemungkinan kandungan apa saja yang bisa menyebabkan sembelit pada bayi Anda.

Demikian itu adalah cara mengatasi sembelit pada bayi. Jika Anda telah melakukan cara-cara tersebut diatas namun belum ada perubahan, segera kunjungi dokter.

, , , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *